Menaker: Pemerintah Terus Tingkatkan Kesejahteraan, Perlindungan dan Kompetensi Buruh

By Admin

nusakini.com--Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan pemerintah terus meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan bagi pekerja/buruh di seluruh Indonesia. Pemerintah pun terus meningkakan kompetensi buruh dengan melalui program pelatihan kerja dan pemagangan.    

"Pemerintah terus meningkatkan kualitas perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerja. Memang ini harus dilihat jangan semata-mata dari sisi upah, kesejahteraan ini juga harus dilihat dari kebijakan-kebijakan sosial negara," ungkap Menaker Hanif saat memberi sambutan pada puncak perayaan May Day di Senayan, Jakarta pada Senin (1/5). 

Hal tersebut dikatakan Menaker Hanif saat merayakan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2017 bersama ribuan buruh di Eks Driving Senayan. Perayaan ini dikemas dalam acara Festival May Day yang diselenggarakan Serikat Pekerja, Apindo dan Kemnaker. 

Menaker Hanif menjelaskan, upah bukan satu-satunya faktor penentu peningkatan kesejahteraan buruh. Faktor lain adalah menekan sisi pengeluaran yang dikompensasi dengan kebijakan sosial dari negara seperti penguatan akses pendidikan, kesehatan, keuangan, transportasi, Jaminan sosial dan perumahan yang layak. (p/ab)